Home Aparatur Aceh Tengah Berduka: MY Sidang Temas Tutup Usia

Aceh Tengah Berduka: MY Sidang Temas Tutup Usia

47

Takengon, tanohgayo.com-Seribuan jamaah menshalat jenazahkan Mohd. Yakub Bin Jadun di Masjid Ruhama Takengon, Senin (15/2/2021). Beliau dikenal sebagai tokoh masyarakat, terakhir (masih) menjabat sebagai Imam Kampung Bale Atu Kecamatan Lut Tawar.

Mohd. Yakub lebih  dikenal dengan nama MY Sidang Temas. Ia seorang seniman Ceh (pelantun syair) Didong Gayo sekaligus pendiri club didong Sidang Temas dari Kecamatan Silihnara.

Ia lahir di Silihnara. Dalam naskah yang ada, tercatat ia lahir di tahun 1928 namun dalam catatan keluarga MY Sidang temas lahir tahun 1918 (berusia 103 tahun saat tutup usia). .

Tokoh yang menjabat sebagai penasehat PPP Aceh Tengah itu menghembuskan napas terakhirnya, dini hari sekitar pukul 00.25 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru Takengon, dalam usia sekitar 100 tahun.

MY Sidang Temas ternyata pernah bergaung dengan DI di Aceh bersama Tgk. Ilyas Leube. Setelah “turun gunung” ia menjabat sebagai Camat di Kecamatan Silihnara. Ia juga pernah duduk sebagai anggota DPRD (sekarang DPRK) Kabupaten Aceh Tengah pada 1990-an. Beliau juga seorang tokoh adat dan sampai dengan akhir hayatnya, masih menduduki posisi Wakil Ketua Majelis Adat Gayo (MAG) Kabupaten Aceh Tengah dan Dewan Kesenian Gayo.

Sebagai Ceh Didong, nama MY Sidang Temas sudah sangat dikenal di saentero Tanoh Gayo sejak tahun 1980-an. Bersama club/Group Didong Sidang Temas, beliau sudah malang melintang dalam khazanah kesenian di Dataran Tinggi Gayo dan pernah tampil di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.

MY Sidang Temas di kenal seniman, budayawan, sejarawan tokoh adat dan politikus senior. MY Sidang Temas yang dimakamkan di Pemakaman umum Uning Kirip,Takengon juga tercatat sebagai tokoh Aceh Tengah, bersama tokoh lainnya, termasuk penggagas Rumah Sakit Umum Datu Beru Takengon. Namanya juga tercatat sebagai pejuang Legiun Veteran Aceh Tengah. (Wyra)