Home Aceh Tengah Kapolres Aceh Tengah Himbau Masyarakat Dukung Proyek Strategis Nasional

Kapolres Aceh Tengah Himbau Masyarakat Dukung Proyek Strategis Nasional

608
0

TANOHGAYO.COM, Takengon | Kapolres Aceh Tengah AKBP Dodi Indra Eka Putra SIK, meninjau lokasi proyek PLTA Peusangan 1 dan 2, Jumat (9/6/2023).

Kedatangan Kapolres ke Pepayungen Angkup Kecamatan Silih Nara mengecek rencana lokasi pembangunan reservoir atau waduk.

Ia juga turut menemui masyarakat sekitar yang selama ini mengklaim lahan di area reservoir.

Akibat konflik antara masyarakat tersebut dengan PLN selama hampir 2 tahun, menyebabkan tidak dapat meneruskan pembangunan jembatan atas angin.

Akhirnya kedua belah pihak bersepakat mengakhiri konflik dan kegiatan pembangunan terhitung sejak tanggal 27 Mei 2023 bisa dimulai.

AKBP Dodi Indra menyampaikan t bahwa PLTA Peusangan 1 dan 2 merupakan proyek strategis nasional yang wajib didukung, khususnya oleh masyarakat.

“Tentu proyek strategis nasional ini kedepannya banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk itu, kepada masyarakat mohon dibantu untuk kelancaran pembangunan lanjutan PLTA 1 dan 2. Kalau ada permasalahan bisa dilakukan secara hukum, karena semua sudah ada salurannya baik melalui kejaksaan maupun pengadilan,” tegasnya.

Dodi Indra juga menyampaikan sejumlah contoh pembangunan proyek strategis nasional seperti PLTU Paiton yang didukung oleh masyarakat hingga akhirnya berdampak pada kecepatan pembangunan wilayah.

“Jangan sampai PLTA Peusangan ini seperti di daerah Sulawesi, karena masyarakatnya yang sebenarnya membutuhkan listrik namun dihambat oleh kepentingan kelompok tertentu, sehingga pembangunan PLTA dipindahkan ke Luwu Utara. Akhirnya siapa yang rugi?,” ucap Kapolres.

Lebih jauh ia mengatakan, percepatan pertumbuhan dan pembangunan di Aceh patut disyukuri, meskipun Aceh merupakan daerah bekas konflik.

“Namun Aceh berbeda situasinya dengan daerah bekas konflik lainnya seperti Poso yang lambat pembangunannya,” tandasnya.

Sementara itu, kunjungan yang dilakukan Kapolres Aceh Tengah ini menuai apresiasi dan disambut oleh masyarakat yang berharap proyek bisa selesai sesuai target, agar sistem kelistrikan di Aceh Tengah khususnya semakin andal. (Wyra)