Home Aceh Tengah PLN Persero PLTA Peusangan I dan II Sanggupi Pembangunan Dua Jembatan di...

PLN Persero PLTA Peusangan I dan II Sanggupi Pembangunan Dua Jembatan di DAS Peusangan

1071
0

TANOHGAYO.COM, Takengon | PT PLN Persero PLTA Peusangan I dan II menyanggupi pembangunan dua jembatan di Kampung Asir-Asir Satu dan Asir Asir Asia, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

Hal itu disampaikan Rizka Afri Kiniko, Asisten Manager Perizinan dan Umum PT PLN Persero PLTA Peusangan I dan II, Jumat (9/6/2023).

Jembatan dibangun secara swadaya oleh masyarakat pada tahun 1987. Kini mengalami kerusakan sehingga tidak dapat dilintasi karena tiang penyangganya rubuh. Hal itu diduga karena adanya pengerukan dasar sungai di DAS Peusangan.

PT PLN bersama Pemkab Aceh Tengah melalaui BPBD dan Dinas PUPR telah meninjau  ke lokasi.

“Pada prinsipnya PLN Persero PLTA Peusangan I dan II akan dilakukan pembangunan,” kata Rizka Afri Kiniko.

Ungkapnya, PLN akan segera menyusun perencanaan dan teknis pelaksanaan pembangunan dua jembatan tersebut. Hal itu sesuai koordinasi dengan pihak Pemkab Aceh Tengah.

Namun, PT PLN belum dapat memastikan kerusakan jembatan tersebut karena pengerukan.

“Kalau dampak dari pengerjaan, itu perlu kajian dan banyak faktor,” kata Iko.

Terpisah, Pijas Visara ST, Kabid Pembangunan Jembatan dan Jalan pada Dinas PUPR membenarkan pihaknya telah melakukan survey bersama PLN.

Untuk desain dan jumlah dana yang dibutuhkan akan diproses oleh PT PLN, Pemkab Aceh Tengah dan masyarakat sebagai penerima manfaat.

“Telah ada kesepakatan dengan PLN, pada bulan Juli 2023 akan dilakukan pembangunan. Untuk sementara akan dibuatkan jembatan darurat di dekat masjid,” kata Pijas. (Wyra)