Home Bener Meriah Hari Pertama Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi, KIP BM Beri Arahan

Hari Pertama Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi, KIP BM Beri Arahan

540
0

TANOHGAYO.COM, Redelong | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota DPR Kabupaten mulai 1-14 Mei 2023.

Hari pertama pendaftaran pun nampak masih sepi dan lengang di kantor KIP Bener Meriah, Jalan Bandara Rembele, Kampung Bale Atu, Kab Bener Meriah, Senin (1/5/2023).

“Hari ini, hari pertama belum ada yang datang untuk mendaftar baik dari partai politik nasional maupun partai politik lokal, untuk bakal calon anggota DPRK Bener Meriah ,” ujar Khairul Akhyar Ketua KIP Bener Meriah saat ditemui dikantornya.

Khairul Akhyar yang akrab dipanggil Ucok ini menuturkan, jadwal pendaftaran untuk bakal calon anggota DPRK berlangsung selama 14 hari ke depan.

KIP Bener Meriah menerima pendaftaran mulai pukul 08.00-16.00 WIB mulai 1-13 Mei.

“Kemudian hari terakhir tanggal 14 itu jam 08.00 sampai demgan 23.59 WIB,” sambung Ucok.

Dia mengakatan setiap partai politik yang hendak mendaftarkan kadernya untuk bakal calon anggota DPRK agar memasukkan data terlebih dahulu secara daring melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Hal itu, lanjutnya, sebagai upaya memudahkan waktu proses pendaftaran di KIP Bener Meriah serta mengurangi berkas yang menumpuk.

Semua persyaratan administrasi itu diupload ke dalam Silon,  Sistem Informasi Pencalonan.

“Syarat calon, KTP, ijazah, surat keterangan pengadilan dan lain lain itu kan dibawa copyannya, nah sekarang tidak. Tapi wajib diupload terlebih dahulu,” beber Khairul.

Ia menegaskan, hanya beberapa berkas persyaratan yang wajib dibawa oleh partai politik saat proses pendaftaran.

Diantaranya surat rekomendasi dari partai politik yang harus ditanda tangan dan cap basah.

“Hanya beberapa lembar saja yang nanti dibawa oleh partai politik yang nanti bawa ke kantor KIP hanya beberapa lembar saja. Tapi kalau syarat yang banyak itu diupload di Silon,” cetusnya.

Sementara itu, belum adanya pendaftar pada hari pertama disinyalir bakal calon sedang memasukkan data ke Silon atau sedang mengurus berkas lainnya.

Namun diakuinya, terdapat beberapa partai politik yang sudah memberikan jadwal waktu penyerahan berkas tersebut ke KIP Bener Meriah. (Wyra)