WTP ke Dua Belas, Tujuh Kali Berturut Diraih Pemkab Aceh Tengah

119

Takengon, tanohgayo.com-Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menerima Plakat Anugerah Penghargaan dari Menteri Keuangan Tahun 2021 atas capaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 7 tahun bertutut-turut

Penyerahan plakat dilakukan oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Aceh, Syafriadi SE, M.Ec. Ph.D dan diterima langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, Kamis (4/11/2021) bertempat di ruang kerja Bupati Aceh Tengah.

Penyerahan penghargaan ini dilaksankan disela-sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Realisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa, Realisasi APBD, Opini Laporan Keuangan, Kinerja Pelaksanaan Anggaran, serta Indeks Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Capaian opini WTP merupakan penilaian dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) setiap tahun sebagai bukti penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel.

Secara akumulasi, Pemkab Aceh Tengah sudah menerima predikat WTP ini sebanyak 12 kali, namun predikat WTP yang diterima secara berturut-turut adalah sebanyak tujuh kali yaitu sejak tahun 2014 sampai dengan 2020.

Kepala Kantor Wilayah DJPb Aceh, Syafriadi menyampaikan bahwa dirinya diutus khusus oleh Menteri Keuangan untuk menyampaikan langsung penghargaan ini kepada Pemkab Aceh Tengah.

“Atas nama pemerintah pusat, dalam kesempatan ini, kami ditugaskan untuk mengantarkan langsung sertifikat dan plakat dari Ibu Menteri Keuangan sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang dicapai Kabupaten Aceh Tengah yang telah meraih predikat WTP selama tujuh tahun berturut-turut,” ungkap Syafriadi.

Syafriadi juga menitipkan pesan Menteri Keuangan bahwa penghargaan yang sudah diraih agar terus dipertahankan dan ditingkatkan. Bukan sekedar raihan penghargaannya, tapi lebih kepada subtansinya, karena ini poin penting dari penghargaan opini WTP adalah kemampuan pemerintah daerah untuk dapat mewujudkan keuangan publik yang benar-benar untuk rakyat,  yang tujuan akhirnya untuk kemakmuran rakyat.

Usai menerima penghargaan tersebut, Bupati Shabela Abubakar mengungkapkan rasa syukur atas berbagai prestasi yang diterima Kabupaten Aceh Tengah beberapa waktu ini. Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD yang sudah bekerja keras dalam mengawal jalannya pemerintahan dan pengelolaan anggaran hingga meraih predikat WTP dari Kemenkeu dan penghargaan-penghargaan lainnya dari kementerian terkait.

Shabela juga berpesan, penghargaan yang telah diraih hendaknya bisa  menjadi motivasi untuk terus meningkatkan capaian kinerja, utamanya dalam menjalankan tata kelola dan pelaporan keuangan pemerintah daerah.

“Kami berharap, dengan pengelolaan keuangan yang baik mampu memberikan kepercayaan dan memberikan manfaat kepada masyarakat, raihan prestasi WTP tujuh tahun berturut-turut ini harus menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah,” harapnya.

Turut hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut, Sekretaris Daerah, Subhandhy, Asisten Administrasi Umum,  Arslan Abd. Wahab, Inspektur Kabupaten, Muhammad Syukri, Kepala Bappeda, Amir Hamzah, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Zulkarnain, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Latief Rusydi, dan Kepala bagian Administrasi Pembangunan Setdakab, Ummu Hanik. (red)