KONI Aceh Lepas Atlet PABBSI dan Taekwondo ke Kejurnas

Banda Aceh – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh secara resmi melepas atlet Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) dan atlet Taekwondo Aceh menuju dua ajang Kejuaraan nasional (Kejurnas).  Acara pelepasan dilaksanakan di Sekretariat KONI Aceh di Banda Aceh, Selasa 21 November 2017.

Para atlet PABBSI Aceh akan mengikuti Kejurnas di Riau yang akan berlangsung dari tanggal 24 November hingga 2 Desember mendatang. Sedangkan atlet taekwondo akan mengikuti di Jakarta yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 29 November 2017.

T. Rayuan Sukma, Ketua Umum PABBSI Aceh mengatakan, pada Kejurnas angkat besi di Riau, Aceh mengirimkan 16 orang atlet, 5 putra dan 11 atlet putri. “Para atlet didampingi oleh tiga orang pelatih,” kata T. Rayuan yang juga Wakil Ketua KONI Aceh saat mendampingi Ketua Harian KONI Aceh H. Kamaruddin Abu Bakar atau Abu Razak pada acara pelepasan atlet.

Dari 16 atlet tersebut, 5 diantaranya kata Rayuan merupakan atlet binaan KONI Aceh yang selama ini mengikuti Pelatda Desentralisasi tahun 2017.

Sedankan Taekwondo mengirimkan 13 atlet yang turun di kategori junior pada Kejurnas di Jakarta. Dari 13 atlet tersebut, tiga diantara merupakan atlet binaan KONI Aceh tahun 2017. “Sore ini kita berangkat ke Jakarta, didampingi tiga orang pelatih,” kata Fahrizal, Binpres Pengda Taekwondo Aceh yang menjadi pimpinan rombongan.

Selaku Wakil Ketua KONI Aceh, kepada para atlet yang selama ini masuk dalam Pelatda Desentralisasi, T. Rayuan mengingatkan bahwa KONI Aceh memberlakukan sistem degredasi. “Anda yang masuk dalam binaan KONI Aceh tahun 2017 adalah atlet-atlet yang sebelumnya berhasil meraih prestasi di berbagai ajang. KONI Aceh melalui tim monev terus memantau perkembangan atlet,” kata T. Rayuan.

Dari hasil Monev tersebut, kata T. Rayuan, bisa jadi atlet yang sebelum masuk daftar binaan akan terdegradasi jika prestasinya menurun. “Kejurnas ini juga bagian dari ajang seleksi degradasi.”

Sementara Abu Razak dalam sambutannya berharap para atlet dapat mendulang medali sebanyak-banyaknya. Khususnya kepada atlet binaan KONI Aceh, Abu Razak mengatakan bahwa rakyat Aceh menaruh harapan yang tinggi kepada para atlet untuk mengharumkan nama Aceh di kancah nasional.

“Jaga kondisi, jaga prestasi. Nama baik Aceh (di bidang olahraga) sekarang ada di pundak Anda-anda semua,” pesan Abu Razak.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *