Calon Jamaah Haji asal Aceh Tengah Disuntik Vaksin di RSUD Datu Beru

330

Takengon, tanohgayo.com – Sebanyak 158 calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Aceh Tengah menjalani vaksinasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru Takengon, Kamis (25/03/2021).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. Alwin menerangkan dari 158 CJH yang divaksinasi merupakan jamaah yang tertunda keberangkatannya pada tahun 2020, akibat wabah Covid-19.

“Vaksinasi ini merupakan salah satu langkah persiapan pemerintah untuk keberangkatan CJH tahun 2021 yang gagal berangkat tahun lalu,” tutur Alwin.

Tim Pemandu Haji Indonesia (TPIH) asal Aceh Tengah Wahdi MS MA berharap agar pemerintah Arab Saudi dapat memberikan kesempatan kepada CJH asal Aceh untuk tahun 2021.

“Kita sebagai petugas dan calon Jamaah haji tentu sangat berharap untuk tahun 2021 ada kesempatan yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi agar dapat berangkat dengan kuota penuh 158 orang,” ungkap Wahdi yang ikut serta disuntik vaksin di RSUD Datu Beru.

Menurut Wahdi, keberangkatan CJH tahun 2021 diharapkan untuk mengantisipasi dampak daftar tunggu yang akan semakin lama hingga 31 tahun lamanya, selain kondisi usia Jemaah yang mayoritas di atas 50 tahun juga akan berdampak pada kesehatan jamaah.

Sampai saat ini belum diketahui pasti kapan 158 jamaah yang sudah divaksin untuk berangkat. Pihak Kementrian Agama Aceh masih menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi. (RM)