Home Aparatur Guru: Prokes dan Internet Permudah KBM Saat Pandemi

Guru: Prokes dan Internet Permudah KBM Saat Pandemi

70
Giatkan disiplin Prokes di sekolah, siswa dicek suhu tubuh sebelum KBM oleh guru SDN 1 Cot Girek Aceh Utara/Foto. dok

Cot Girek, Tanohgayo – Kepala SDN 1 Cot Girek Aceh Utara Sri Yulianti mengatakan penerapan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) dan penyediaan jaringan internet cukup mendukung kelancaran proses belajar mengajar(KBM) di sekolah saat pandemi.

“Internet ada tapi lemah tidak semua siswa di kelas terjangkau , banyak ruang belajar cukup menampung siswa. sekolah kita punya internet , tatap muka dan beberapa sesi belajar daringnya ya di sekolah,” rinci Sri Yulianti kepada Kabargayo Senin (26/10).

Menurut Sri Yulianti adanya fasilitas jaringan internet di sekolah cukup membantu proses belajar mengajar  terutama kepada siswa.

“Kita beruntung ada internet,  karena tidak semua sekolah ada internetnya, siswa bisa mengakses intenet sekolah untuk kegiatan belajar dan kebutuhan pendidikan lainnya,”jelas Sri.

Menurut Bu Tuti , nama akrab disapa siswanya, kendala-kendala teknis terkait  jangkauan internet ke semua kelas diharap bisa teratasi agar semua siswa kebagian akses demi kelancaran kegiatan belajar mengajar.

“Selama corona ini, yang penting guru dan siswa masuk sekolah dengan menerapkan disiplin Prokes sejak mulai masuk lokasi sekolah hingga di ruangan, siswa patuh , mereka cukup patuh.”

SDN 1 Cot Girek, tambah Bu Tuti  merupakan  sekolah model yang dilengkapi sarana belajar yang memadai,  diharapkan siswa dan para guru selalu patuh Prokes dan selama pandemi dapat mengikuti kegiatan –kegiatan dengan memanfaatkan jaringan internet yang tersedia.

Sebelumnya Dinas Pendidikan setempat  sering menggelar pelatihan untuk guru secara virtual, peserta, merupakan guru dari berbagai kabupaten/kota.Pelatihan dilakukan dengan kegiatan virtual diharapkan menciptakan guru yang mampu memanfaatkan teknologi informatika komunikasi TIK pembelajaran di sekolah dan rumah.

Baru-baru ini Aceh juga memberikan penghargaan kepada individu yang dinilai cukup berdedikasi terhadap dunia pendidikan selama pandemi Covid-19 di tingkat kabupaten dan kota di provinsi itu.

Disiplin Protokol Kesehatan Aceh menerapkan  4 M , memakai masker, mencuci tangan , menjaga jarak dan menghindari kerumunan. (Agus Rahmad B)