Ponpes Raudhatul Ulum Rencanakan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah

165

Redelong, tanohgayo.com – Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Kampung Kenine Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah berencana akan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Hal tersebut disampaikan Abu Ramli S.Pd.I., MA., selaku pimpinan Pesantren Raudhatul Ulum saat kegiatan reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Bardan Sahidi, Kamis (4/11/2021).

Abu Ramli menjelaskan tujuan didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah atas usulan dari wali santri yang kurang lebih berjumlah 750 baik putra maupun putri. “Setelah dia tamat dari MTS, sambung MA selanjutnya bisa lagsung kuliah sambil mondok disini, sehingga setelah tamat kuliah biasa langsung menjadi tenaga pengajar di pesantren ini,” kata Abu Ramli.

Pantauan media ini, di lokasi pesantren sedang berjalan pembangunan dua gedung yang nantinya diperuntukan untuk asrama putra dan putri. Abu Ramli berharap dengan adanya pembangunan dua asarama tersebut agar para santri mendapat kenyamanan dalam belajar. “Selama ini ini memamg sempit dan kurang nyaman, bahkan ada yang tidur di Mushalla, satu asrama kadang 20 sampai dengan 30 orang, dengan adanya pembangunan ini kita merasa santri akan nyaman,” tambah Abu Ramli.

Anggota DPRA Bardan Sahidi, meninjau langsung pekerjaan bangunan itu. Ia menjelaskan tugas anggota DPRA mendengar usulan rakyat setelahnya dilengkapi persyaratan dan pesantren Raudhatul Ulum mendapatkan dua unit bangunan asrama. “Atas usulan Abu Ramli dan semua persyaratan dilengkapi barulah kita perjuangkan sehingga ada bangunan dua unit asrama tersebut,” terang Bardan.

Bardan menambahkan dengan bertambahnya jumlah santri di pesantren tersebut dan berencana membuat perguruan Tinggi Ilmu Tarbiyah dan membutuhkan gedung untuk aula atau auditorium. “Kedepan sesuai permintaan reses hari ini, jika memungkinkan karena jumlah santri banyak maka diperlukan aula atau auditorium,” tutup Bardan. (Kumpu Awan)