Home Aparatur PP KORI Bekali Pelatih Pelatda Materi Kesehatan Olahraga

PP KORI Bekali Pelatih Pelatda Materi Kesehatan Olahraga

12

Banda Aceh – Untuk mendukung efektivitas pembinaan atlet binaan KONI Aceh yang tergabung dalam Pemusatan latihan daerah (Pelatda), Perhimpunan Pembina Kesehatan Olahraga Indonesia (PP) KORI membekali para pelatih materi-materi berkenaan dengan kesehatan olahraga.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu 22 November 2020 ini dikemas dalam acara Seminar Kesehatan Olahraga. “Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang pelatih dan pengurus PP KORI Aceh. Dan ini merupakan atensi dan perhatian kita terkait akan diselenggarakannya berbagai even olahraga di Aceh ke depan,” kata Ketua PP KORI Aceh dr. Teuku Ona Arif.

“Output dari kegiatan ini, kita ingin memberikan pendampingan penuh kepada seluruh pelaku olahraga, khususnya pelatih Pelatda tentang kesehatan olahraga,” tambah dr. Ona.

Materi-materi yang disampaikan dalam seminar tersebut antaralain, nutrisi olahraga oleh dr. Iflan Nauval, M.ScIH, Sp.GK, penatalaksanaan cedera olahraga oleh dr.Cut Jaswanita Eka Putri, Sp.KFR, dan sosialisasi doping oleh dr. Soraya Karlita Putri M, AIFO-K.

Wakil Ketua ll sekaligus Ketua Pelatda KONI Aceh Bachtiar Hasan mengakui bahwa, kesehatan olahraga merupakan salahsatu instrument penting dalam pembinaan prestasi. “Tanpa adanya tenaga kesehatan yang handal sangat tidak mungkin bagi sebuah organisasi olahraga dapat melakukan pembinaan bagi para atlet,” kata Bachtiar dalam sambutannya sebelum acara dibuka secara resmi oleh Kadispora Aceh Dedy Yuswadi. Dari KONI Aceh, selain Bachtiar Hasan turut hadir juga Sekum M. Nasir, SIP, MPA.

Kepada para peserta seminar, Bachtiar berpesan agar kegiatan yang dilaksanakan oleh PP KORI dapat diikuti dengan serius. Diharapkan, pasca mengikuti seminar, para pelatih dapat menerapkan ilmu yang diperoleh pada saat melakukan pendampingan atlet binaan KONI Aceh, sehingga prestasi cabang olahraga Aceh semakin baik.

Sementara itu, Kadispora Aceh dalam sambutannya sebelum membuka acara mengatakan, dukungan dari PP KORI Aceh sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan prestasi olahraga di masa-masa mendatang. Ia mengingatkan, tahun 2021 nanti, Aceh akan bersaing dengan 33 provinsi lain se-Indonesia dalam ajang PON XX di Papua.

“Kita semua berusaha agar prestasi atlet Aceh pada PON Papua dapat melebihi perolehan medali saat pelaksanaan PON XIX tahun 2016 lalu di Jawa Barat,” kata Dedy. Karena itu, dibutuhkan dukungan semua pihak untuk mencapai target tersebut.

“Pemerintah Aceh berharap PP KORI agar mengambil peran aktif mendukung peningkatan prestasi Aceh dalam persiapan PON XX tahun 2021 di Papua dan pada saat persiapan Aceh-Sumut sebagai tuan rumah PON XXI tahun 2024,” tambah Dedy.[]