Home Aparatur Rayakan Maulid Nabi Warga Aceh Diimbau Patuhi Prokes

Rayakan Maulid Nabi Warga Aceh Diimbau Patuhi Prokes

41
Keceriaan umat muslim di Pidie Jaya, Aceh merayakan Maulud Oktober tahun 2019 lalu, sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia./Foto Agus RB

Banda Aceh, Tanohgayo – Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) mengingatkan masyarakat yang akan menghadiri perayaan maulid Nabi Muhammad SAW tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari terpapar virus corona.

“Suasana maulud seperti ini, masyarakat merayakan dengan hikmat tentu akan lebih besar manfaatnya dengan menghindari sama sekali resiko terpapar corona , adalah dengan jaga jarak tidak membuat kerumunan,”ujar SAG di Banda Aceh, Jumat (30/10).

Menurut Jubir Satgas Covid-19 Aceh itu, perayaan maulud dengan menerapkan prokes, sama sekali tidak bertentangan dengan nilai-nilai perayaan maulid yang sakral itu bagi umat muslim di Aceh

“Saat zikir, ceramah, dan kenduri dianjurkan dengan cara mengatur jarak antara orang , sejauh 2 meter kemudian memastikan semuanya menggunakan masker , karena satu saja warga tidak konsisten dan disiplin dengan prokes yang dianjurkan ini beresiko bagi orang lain,”jelasnya.

Mungkin resiko ini tidak disadari, tambah SAG, karena tidak semua orang yang positif covid itu memilki gejala yang nyata, apalagi mereka memang belum di swab , jadi sama sekali tidak menyadari bahwa yang bersangkutan membawa virus corona.

“ Nah karena itu, agar tidak ada mudharat dalam perayaan maulid kita yang sangat sakral ini , ya dengan meningkatkan disiplin protokol mengguanakan masker kalau memang ke tempat acara.”

Maulid Nabi merupakan perayaan tahunan umat muslim dunia, di Aceh Maulud diperingati hampir setiap hari oleh warga , biasanya diisi dengan ragam kegiatan keagamaan pada siang dan malam hari, zikir dan ceramah agama.

Perayaan maulud biasanya bergilir dari kampung ke kampung di seluruh wilayah provinsi itu, selama hampir tiga bulan penuh sebagai wujud rasa syukur mengingat ketauladanan Rasullullah Muhammad S.A.W. (Agus Rahmad B)