Home Aparatur SMK Negeri 1 Takengon Wakili Aceh dalam Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Nasional

SMK Negeri 1 Takengon Wakili Aceh dalam Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Nasional

113
0
Takengon- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Takengon mewakili Provinsi Aceh dalam penilaian Sekolah Sehat tingkat Nasional.
Penetapan SMKN 1 Takengon setelah mampu menjadi yang terbaik pada penilaian lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Aceh beberapa waktu lalu.
Tim penilai yang terdiri dari pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan meninjau SMKN 1 Takengon, Kamis (26/07).
Menurut Ketua Tim Penilai, Surya Surarjo Dwita Dony, Lomba Sekolah Sehat merupakan Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) yang melibatkan seluruh pihak.
“UKS/M bukan hanya menjadi tanggung jawab Sekolah atau dinas saja tapi peran seluruh pihak,” ungkap Dony disela melakukan peninjuan SMKN 1 Takengon.
Menurutnya Trias UKS/M menjadi pokok dari keberhasilan program yaitu, pendidikan, layanan kesehatan dan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih.
“Pada akhirnya Lomba Sekolah Sehat bukan menjadi tujuan, tapi bisa berkelanjutan, dan memberi dampak luas bagi lingkungan dan individu masyarakat,” kata Dony.
Sementara Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, yang turut mendampingi tim penilai, menegaskan pihaknya akan terus mendukung program sekolah Sehat.
“Kita bangga dengan capaian SMKN 1 Takengon, dan seterusnya akan mendorong program UKS disetiap sekolah untuk memenuhi kriteria sekolah sehat,” ujar Shabela.
Semangat Shabela tersebut menurutnya nanti akan diikuti dengan keinginan untuk mewujudkan Aceh Tengah atau Takengon menjadi Kota yang sehat dan layak huni.(MK)