Balap Sepeda Gayo Enduro Event Akhir Tahun 2021 Pemkab Aceh Tengah

341

Takengon, tanohgayo.com– Balap Sepeda Gayo Enduro digagas dan akan dilaksanakan di Takengon pada tanggal 25 hingga 26 Desember 2021. Mengambil lokasi Bur Pepara Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah. Event bertaraf nasional ini diselenggarakan oleh Dispora Aceh Tengah yang dibantu Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Aceh Tengah dan Enduro North Sumatera (ENS).

Event tersebut langsung mendapat dukungan dari orang nomor satu di Kabupaten Aceh Tengah. “Gayo Enduro merupakan kegiatan positif dan sangat baik. Untuk itu sudah selayaknya didukung semua pihak,” kata Bupati Shabela Abubakar.

Ia menambahkan, bahwa masih status pandemic Covid 19, maka jumlah peserta harus terbatas. Hal itu seiring upaya memutus matas rantai penyebaran Covid-19 dan target 70 persen vaksinasi di dataran tinggi Gayo.

Kepada panitia, Bupati berharap, agar peserta disuguhkan jalur yang menarik sebagai pengasah kemampuan dalam bersepeda, memacu adrelin, serta menambah tantangan baru.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas (Kadis) Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah, Zulfan Diara Gayo menjelaskan, para peserta dari luar daerah sudah mendaftarkan diri dan di pastikan penginapan penuh. “Peserta banyak datang dari luar daerah. Ada dari DKI Jakarta, Jawa Timur dan Kepulauan Riau, Sumbar serta Sumatera Utara dan Aceh dan tentunya tuan rumah untuk meramaikan event ini, sehingga penginapan hampir semua penuh,” sebutnya.

Event sport tourism, menurut Zulfandiara, akan melibatkan secara aktif para  pemuda setempat. Tujuannya tidak hanya mengeksploitasi daerah, tetapi pemuda yang terlibat akan mendapat ilmu dan pengalaman berharga untuk melihat peluang lainya yang bisa dikembangkan.

“Pemuda adalah kekuatan potensial di daerah ini yang merupakan subjek dari pembangunan dan yang terpenting dari kegiatan ini adalah perputaran ekonomi karena adanya aktivitas,” ungkap Zulfan.

Kegiatan ini diharapkan sukses dan lancar dengan dukungan dari ISSI Aceh Tengah, ENS dan  pihak terkait lainnya yang melibatkan pemuda setempat dalam kegiatan sebagai konsep Gayo Sport Tourism yang sudah dicanangkan.

Jelang pelaksanaannya, panitia mulai menyiapkan venue pertandingan ini di Bur Pepara dengan keterlibatan pemuda Kampung Kebayakan. Persiapan trek, penyediaan konsumsi, penanganan parkir, stand makanan dan souvenir di sekitar lokasi acara.

Trek pada Balap Sepeda Gayo Enduro nantinya akan dipertahankan, kerjasama dengan pemuda Kampung Kebayakan untuk para pebalap MTB dari luar daerah sebagai tempat berlatih.

“Ke depannya, kita dari unsur pemerintah daerah akan terus mendukung berbagai event olahraga yang mendatangkan banyak orang ke daerah ini sehingga menggerakkan roda ekonomi, tapi kita akan minta panitia melibatkan pemuda setempat untuk ikut terlibat,” pungkas Zulfan. (Red)