Di Bener Meriah, Angka Kesembuhan Covid 19 Capai 81% dan 4,5% Meninggal

135

Redelong, tanohgayo.com– Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi S.STP., M.A.P mengungkapkan akumulasi data sejak tahun 2020-2021 terdapat sekitar 81% warga Bener Meriah sembuh dari covid-19.

“Berdasarkan update terakhir, dari 309 warga Bener Meriah yang terpapar covid sejak tahun 2020, sejumlah 252 orang dinyatakan sembuh, yakni 81 %. Meninggal 14 orang atau sekitar 4,5%,” papar Ilham Abdi, Minggu (20 Juni 2021).

Meskipun persentase sembuh menunjukkan angka yang baik, Ilham Abdi berharap warga tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan. “Kasus covid belum menunjukkan penurunan. Bener Meriah pun belum terbebas dari pandemi ini. Jangan lengah,” imbau Ilham.

Jubir Satgas Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kominfo Bener Meriah mengungkapkan berdasarkan data WHO per 31 Mei 2021 bahwa virus corona kini telah bermutasi menjadi 11 varian. “Laman Instagram Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Sabtu (19/6/2021), ada merangkum dan mempublikasi 11 varian virus tersebut,” sebut Ilham.

Beberapa varian tersebut, seperti varian Delta dari India  (sering disebut juga varian ‘India’) sudah masuk ke Indonesia. “Gejalanya sama seperti virus aslinya. Namun, terdapat beberapa tambahan gejala yang lebih parah dari aslinya, seperti mual, diare, kehilangan nafsu makan, gangguan pendengaran, dan beberapa lainnya. Masyarakat bisa cari dan baca-baca di internet soal varian virus corona dan gejalanya. Jangan sampai lengah, tetap hati-hati dan jaga prokes,” pesan Ilham.

Ilham menambahkan, Pemkab Bener Meriah melalui Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten terus berupaya melawan dan menanggulangi covid-19. Tim Satgas terus mensosialisasikan penerapan prokes dan juga melakukan vaksinasi untuk masyarakat Bener Meriah. “Kemarin, Sabtu 19 Juni, Tim Satgas kembali menerima 300 vial vaksin. Tim Satgas Covid kemarin juga melakukan sosialisasi prokes dan vaksinasi di Kampung Seni Antara, Kecamatan Permata,” tutur Ilham.

Terakhir, Jubir Satgas Ilham Abdi berpesan kepada masyarakat Bener Meriah agar mengikuti vaksinasi. “Jangan takut untuk divaksin. Vaksin untuk kekebalan tubuh kita. Meskipun vaksin tidak 100 % mencegah covid-19, paling tidak vaksin mencegah kita mengalami gejala berat bila terpapar covid-19. Saat ini, ada 43 warga Bener Meriah yang masih terpapar covid dan menjalani isolasi mandiri,” demikian pesan Kadis Kominfo Bener Meriah. (RL/WR)