Andry Agung Kembali Pimpin Rugby Aceh

332

Banda Aceh – Forum Musyawarah Olahraga Provinsi II (Musorprov) Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) kembali menetapkan Ir. P. P. Andry Agung MM sebagai Ketua Umum masa bakti 2021-2025.

“Alhamdulillah, terima kasih atas amanah yang diberikan untuk kembali memimpin Rugby Aceh,” kata Andry usai ditetapkan pada musyawarah yang diikuti oleh 14 Pengcab Rugby Kabupaten/kota se-Aceh, empat UKM dan tiga Club Rugby, Sabtu 11 Desember 2021.

Musyawarah tersebut dibuka oleh Ketua Umum PB PRUI DR. Didik Mukrianto SH MH yang juga Anggota Komisi III DPR RI. Turut hadir juga antaralain, Ketua Harian KONI Aceh H. Kamaruddin Abu Bakar (Abu Razak), Wakil Ketua Umum KONI Aceh Tgk. Anwar Ramli, dan Anggota DPRA yang juga pengurus KONI Aceh Bardan Sahidi

“Dengan kebersamaan dari seluruh pengurus, saya yakin Rugby akan menjadi olahraga masyarakat dan berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Sejauh ini telah kita buktikan dengan berhasil meraih medali di PON Papua 2021, dan lima Atlet Aceh yang memperkuat Timnas Rugby Indonesia di Sea Games Filipina 2019 lalu,” tambah Andry.

Ketua Umum PB PRUI dalam sambutannya sebelum membuka Musorprov menyampaikan apresiasi atas pembinaan dan perkembangan prestasi Rugby Aceh. “Keberhasilan di PON Papua 2021 menjadi legacy besar untuk mengembangkan dan melahirkan prestasi rugby, bukan hanya untuk Aceh, tetapi berefek besar secara nasional,” kata Didik

Apresiasi serupa juga disampaikan Ketua Harian KONI Aceh. Menurutnya, meskipun Cabang Rugby baru hadir di Aceh, namun patut berbangga atas prestasi yang telah diraih. Mulai dari mengirimkan atlet ke Timnas Rugby Indonesia, dan berhasil meraih medali di penampilan perdana di PON XX Tahun 2021 Papua.

Ke depan, KONI Aceh berharap agar Cabang Rugby dapat lebih memaksimalkan lagi pembinaan dan pemerataan di seluruh kabupaten/kota di Aceh. “Pada PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, cabang ini akan dipertandingkan di Aceh,” kata Abu Razak mengingatkan.

Sebagai tuan rumah, tambah Abu Razak, sangat besar peluang bagi Cabang Rugby untuk merebut medali emas sebanyak-banyaknya. Karena Aceh bisa ikut di semua nomor yang dipertandingkan tanpa harus mengikuti Prakualifikasi PON.

“Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya dibutuhkan persiapan matang secepat mungkin,” tambah Abu Razak sembari menambahkan bahwa KONI Aceh mengandalkan Cabang Rugby untuk meraih prestasi dalam berbagai ajang yang akan dihadapi ke depan, baik level regional, nasional dan internasional.

Selain menetapkan Ketua Umum, Forum Musorprov juga menetapkan dua formatur yang bertugas untuk menyusun kepengurusan, yaitu yaitu Erwin Ferdinansyah ST MT dan H. Abdullah Matyah.

Hal strategis lainnya yang diputuskan dalam musyawarahan tersebut antaralain, ditetapkannya enam sampai dengan delapan nomor yang akan dipertandingkan di PON 2024, sesuai rekomendasi Musornas PRUI akhir November 2021 di Jakarta.

Nomor yang direncanakan akan dipertandingkan adalah Rugby 7’s, Rugby 10’s dan Rugby Pantai 4’s, Putra dan Putri. “Akan dibahas kembali untuk penambahan di Rugby X pada Rakerprov PRUI Aceh mendatang,” tutup Andry.[]