Home Aceh Tengah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pegunungan Bur Gajah, Ini Himbauan Kapolres

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pegunungan Bur Gajah, Ini Himbauan Kapolres

1072
0

TANOHGAYO.COM, Takengon | Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di pegunungan Dusun Bur Gajah, Kampung Pendere Kecamatan Bebesen, Rabu (31/5/2023), sekira pukul 17.00 WIB.

Kebakaran yang terjadi hingga pukul 23.00 WIB, melanda sekitar 10 hektar lahan.

Mobil damkar dari BPBD Aceh Tengah segera dikerahkan ke tempat kejadian. Namun karena lokasi kebakaran yang berada di pegunungan dan akses jalan yang tidak ada, mobil Damkar tidak dapat menjangkau ke lokasi kebakaran.

Sejumlah Personil Polsek Bebesen dan TNI serta bersama masyarakat Dusun Bur Gajah Kp. Pendere berupaya melakukan pemadaman kebakaran dengan cara memukul-mukul api secara manual dengan menggunakan rerantingan.

Api yang membesar sampai merambat ke wilayah pegunungan lainnya yang berbatasan dengan Kampung  Pendere di karenakan angin kencang.

“Lahan yang terbakar merupakan hutan pinus (lahan tidak produktif) dan berbatasan langsung dengan lahan kopi milik masyarakat yang berjarak ± 100 meter,” ungkap Kapolres Aceh Tengah, AKBP Dodi Indra Eka Putra.

Jelas Kapolres, dalam penanganan kebakaran, pihak/personil gabungan saat itu membuat parit api untuk mengantisipasi lalapan api dan memadamkan api secara manual.

Kapolres Aceh Tengah menghimbau agar masyarakat untuk tidak membakar hutan/lahan dikarenakan saat ini sedang mengalami musim kemarau.

“Dilarang buang putung rokok sembarang khususnya di kawasan hutan. Dilarang membakar sampah di kawasan hutan tanpa ditunggui dan dilarang membuka lahan baru utk.kebun dengan membakar hutan,” demikian AKBP Dodi Indra Eka Putra. (Wyra)