Mualem Resmi Dilantik Sebagai Waliyul “Ahdi

93

Banda Aceh – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar secara resmi melantik H. Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem, sebagai Waliyul ‘Ahdi masa bakti 2022-2006.

Kabag Humas dan Kerjasama Wali Nanggroe, M. Nasir Syamaun MPA menjelaskan, prosesi pelantikan dilaksanakan di Meuligoe Wali Nanggroe, Selasa 27 Desember 2022.

“Pengukuhan Mualem sebagai Waliyul ‘Ahdi diawali dengan pembacaan naskah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Wali Nanggroe, dan kemudian Wali Nanggroe mem-peusijuek (tepung tawar) Mualem,” kata M. Nasir.

Usai pelantikan, Wali Nanggroe bersama Waliyul ‘Ahdi dan perangkat kerja Lembaga Wali Nanggroe lainnya berziarah ke Makam Sulthan Iskandar Muda, dalam rangka Haul yang ke 386.

Dalam sambutannya usai melantik Waliyul “Ahdi, Wali Nanggroe menjelaskan, keberadaan Waliyul ‘Ahdi sebagai salahsatu perangkat kerja Lembaga Wali Nanggroe merupakan salahsatu implementasi dari kekhususan dan keistimewaan Aceh.

Mengenai Waliyul ‘Ahdi, telah diatur secara rinci dalam Reusam Wali Nanggroe Nomor 1 Tahun 2020.

“Waliyul ‘Ahdi adalah pemangku Wali Nanggroe, atau orang yang melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan, apabila Wali Nanggroe tidak dapat melaksanakan tugas secara berkelanjutan, atau berhalangan tetap,” kata Wali Nanggroe

Selain itu, Waliyul ‘Ahdi juga melaksanakan tugas-tugas yang didelegasikan oleh Wali Nanggroe.

Dengan telah dilantiknya secara resmi Waliyul ‘Ahdi pada hari ini, tambah Wali Nanggroe, ia yakin, ke depan Lembaga Wali Nanggroe akan lebih maksimal dalam melaksanakan tugas dan kewenangan, khususnya dalam upaya implementasi MoU Helsinki dan UUPA serta menjaga perdamaian Aceh yang berkelanjutan

“Saya mengucapkan selamat atas pelantikan ini, dan mari sama-sama kita curahkan tenaga serta pikiran untuk membangun Aceh sesuai kehendak perdamaian Aceh,” kata Wali Nanggroe.[]