Putra Gayo Jabat Komandan Yonif Raider 509/Balawara Yuda Kostrad

284
Danyonif Raider 509/BY/9/2 Kostrad Mayor Inf Hulisda Melala

Jember, tanohgayo.com– Mayor Inf Hulisda Melala, salah seorang putra terbaik dari Dataran Tinggi Gayo kini menjabat sebagai Komandan Yonif Raider 509/Balawara Yuda Kostrad. Sebelumnya ia menjabat Kasilat Divif 3 Kostrad di Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan.

Mayor Inf Hulisda Melala pria kelahiran Aceh Tengah, tahun 1982, putra pertama dari Bapak Ir. Darussalam (Pensiunan/ Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Bener Meriah) dan Ibu Asma, S.Ag (Pensiunan Guru SMPN 1 Takengon) yang saat ini tinggal di Kp. Paya Tumpi Jalan. Kankemenag, Kecamatan Kebayakan.

Hulisda alumni SD 1 Takengon, kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Takengon, dan merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang dan pernah bertugas untuk misi perdamaian PBB di Libanon (UNIFIL) bersama Mayor (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono dalam operasi Kontingen Garuda XXIII-A.

Serah terima jabatan (Sertijab), Danyon dari Letkol Inf Syafrinaldi kepada Mayor Inf Hulisda Melala dipimpin oleh Inspektur Upacara Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) Raider 9 Kostrad, Kolonel Inf Didik Didik Efendi, Jum’at (14/1/2020).

Tampak hadir Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati KH MB Firjaun Barlaman, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Bantara C Pangaribuan, dan Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, Ketua Pengadilan Negeri Jember dan Kepala Kejaksaan Negeri Jember, beserta tamu undangan lainnya.

Inspektur Upacara Komandan Brigif Raider 9 Kostrad Kolonel Inf Didik Efendi menyatakan, alih tugas dan jabatan merupakan hal yang lazim dilakukan dalam dinamika sebuah organisasi yang senantiasa berorientasi untuk mewujudkan sinkronisasi antara pembinaan organisasi dan pembinaan personel.

“Selain itu serah terima jabatan merupakan bagian upaya pimpinan untuk memelihara dan meningkatkan kinerja organisasi serta sekaligus untuk mengembangkan kemampuan menejerial dan kepemimpinan bagi para perwira bersangkutan,” kata Kolonel Inf Didik Efendi.

Sebelumnya, Yonif Raider 509/BY/9/2 Kostrad telah melaksanakan rangkaian kegiatan tradisi penerimaan warga baru. Setiap prajurit yang masuk satuan baru diperkenalkan dengan nilai-nilai perjuangan satuan yang akan ditempatinya, sehingga diharapkan menjadi kebanggaan bagi prajurit Yonif Raider 509/BY/9/2 Kostrad dan pentingnya penanaman nilai-nilai perjuangan.

Yonif Raider 509/BY/9/2 Kostrad melaksanakan tradisi masuk satuan kepada Mayor Inf Hulisda Melala sebagai Danyonif Raider 509/BY/9/2 Kostrad yang akan menggantikan Letkol Inf Syafrinaldi,S.E pada Selasa (11/01/2022).

Kegiatan tradisi tersebut dipimpin oleh Danyonif Raider 509/BY/9/2 Kostrad Mayor Inf Hulisda Melala dan diikuti 30 personel yang terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama.

Rangkaian kegiatan tradisi dimulai dengan berjalan kaki sejauh ± 10 Km, yang mana berjalan kaki mulai dari titik bongkar di Alun-Alun Kota Jember menuju Mayonif Raider 509/BY/9/2 Kostrad. (wyra)