Semarak Tari Guel Massal Warnai Hari Jadi Kota Takengon Tahun 2022

80
Tanohgayo.com, Takengon – Ribuan penonton saksikan suguhan Tari Guel Massal dan Senam Berok, dalam rangka memeriahkan Hut Kota Takengon ke 445, di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Sabtu (19/02/2022).
Persembahan Tari Guel Massal dari para pelajar putra SD/Min, SMP/MTsN dan SLTA se Aceh Tengah serta Senam Berok oleh 150 Penari dari HimPAUDI dan IGTK se Kabupaten Aceh Tengah.
“Kami mengapresiasi anak-anak kami, para pelajar SD, SMP dan SMA sederajat, yang sudah gigih bersemangat beberapa hari ini ke belakang ini melaksanakan latihan Tari Guel massal untuk ditampilkan di lapangan Setdakab dalam rangka memeriahkan Hut Kota Takengon,” kata Shabela Abubakar, Bupati Aceh Tengah.
“Tari guel ini akan terus kita budayakan, apalagi Tari Guel sudah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda Indonesia sejak tahun 2016 lalu,” lanjut Bupati.
Bupati menyerahkan langsung Piagam Penghargaan kepada para penggagas dan pelatih pertunjukan Tari Guel massal, kepada Zulfadli, Taufik hidayat, dan Ahmad Dahlan atas dedikasinya melestarikan tari guel sebagai warisan budaya dari dataran tinggi Tanoh Gayo.
Semoga dengan Persembahan Tari Guel Massal dalam rangka memeriahkan Hut Kota Takengon ke 445 ini merupakan wujud nyata menumbuhkan kecintaan dan semangat melestarikan serta menghayati kebudayaan, dalam hal ini terwujud dalam seni tari yang berasal dari Tanoh Gayo Aceh Tengah. (AG)