Dailami Optimis Pengelolaan Sampah bisa Jadi PAD

99

Redelong, tanohgayo.com : Plt Bupati Bener Meriah Dailami menyatakan sampah merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi oleh Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bener Meriah, sehingga sampah menjadi momok tersendiri yang perlu segera diatasi.

Hal tersebut diungkapkan Dailami saat siaran langsung program Cerite Senye di LPPL Radio Republik Indonesia (RRI) Takengon dengan topik kebersihan dan keindahan Kabupaten Bener Meriah, Selasa (08 Juni 2021).

Oleh karena itu kata Dailami, berbagai upaya dilakukan Pemkab Bener Meriah dalam mengatasi sampah di wilayah tersebut, sehingga nantinya sampah bisa menjadi barang yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami juga dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi dengan pemerintah Surabaya untuk mencari dan mempelajari trobosan-trobosan seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Surabaya, dimana sampah kini dapat bernilai lebih untuk masyarakat. Mereka juga kini telah memiliki bank sampah,” kata Dailami.

Dailami menyampaikan hasil koordinasi dengan Pemerintah Surabaya, hasil dari pengelolaan sampah di wilayah tersebut telah menghasilkan PAD hingga Rp. 4 miliar sebulannya. Terobosan inilah yang nantinya akan dipelajari sehingga sampah yang ada di Kabupaten Bener Meriah tidak lagi menjadi momok, namun nantinya sampah tersebut bisa menjadi pundi-pundi ekonomi bagi masyarakat Bener Meriah.

“Insyaallah program Pemerintah Surabaya tersebut dapat terlaksana di Kabupaten Bener Meriah. Lahan sudah ada, dan insyaallah program bank sampah juga akan mendapat bantuan dari Bank Aceh Syariah,” ujar Plt Bupati Bener Meriah. (RL/AG)