Pesawat Hercules Mendarat di Bandara Rembele Bener Meriah Jemput Pasukan

361

Redelong, tanohgayo.com– Pesawat Hercules dengan registrasi A-1317 milik TNI AU mendarat mulus di bandar udara kebanggaan masyarakat Dataran Tinggi Gayo, Bandara Rembele Bener Meriah, (Minggu,  25 Juli 2021). Pendaratan pesawat dalam rangka uji landing, menarik menarik perhatian karena pertama sekali pesawat besar mendarat di Bandara Rembele.

Pesawat yang beroperasi saat ini adalah pesawat berkapasitas 72 penumpang yaitu ATR72.  Bandara Rembele yang sejak dikembangkan dan diresmikan Presiden Jokowi tahun 2016 lalu, secara teknis dapat menampung pesawat terkritis yaitu Hercules C-130 dan sekelas Boeing 737 classic. Namun, baru Hercules A-1317 perdana uji coba landing di dengan lancar dan aman.

Pilot pesawat Letkol Pnb. Y. Marvien Aryaka, M, Sc. usai pendaratan menyatakan bahwa sesuai prosedur, sebelum landing di Bandara Rembele melakukan pengecekan data mengenai kondisi Bandara Rembele.

“Seperti bagaimana ketebalan landasannya atau kemampuan Bandara landing pesawat, dan data-data lain. Dari data yang kami kumpulkan dan hasil perhitungan kami, kemampuan Bandara ini bisa membawa pesawat sekitar 141.000 pounds,” tutur Marvien Aryaka.

Lebih lanjut Letkol Pnb. Y. Marvien Aryaka mengatakan keberhasilan pendaratan Hercules milik TNI AU di Bandara Rembele bisa mendukung program-program Pemerintah yang membutuhkan pesawat TNI AU. “Apabila ada suatu kejadian yang memang  membutuhkan pesawat TNI AU, sementara pesawat sipil kapasitas terbatas, bisa didukung pesawat TNI AU,” imbuh Marvien Aryaka.

Uji coba pesawat Hercules A1317 di Bandara Rembele juga dalam rangka penjemputan pasukan TNI Yon 114 Satria Musara yang akan bertugas ke Papua. Pemberangkatan pasukan direncanakan pada Senin (26/7/2021) dengan rute Medan, Pontianak, lalu ke Timika (Papua).

Turut menyaksikan landing pesawat Hercules milik TNI AU, Plt Bupati Bener Meriah Dailami, Danlanud SIM Kol. Pnb. Hendri Ahmad Badawi, Dandim 0119 Bener Meriah Letkol Inf Valyan Tatyunis, Danyonif RK 114/SM Letkol Inf Outra Negara, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Rembele Faisal, ST.MT, dan Kadis Perhubungan Bener Meriah Abdul Gani. (SP/AG).