Gubernur Aceh Buka Rakerda Dekranasda di Takengon

51
Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah didampingi Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar membuka Rakerda Dekranasda se-Aceh Tahun 2022, di lapangan Setdakab Aceh Tengah, Jum’at (03/06/2022).Foto Dok. HUMAS AT

**Manfaatkan Platform Digital dan Marketplace

Tanohgayo.com, Takengon – Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah didampingi Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) se-Aceh Tahun 2022 yang dilangsungkan di lapangan Setdakab Aceh Tengah, Jum’at (03/06/2022).

Gubernur Nova Iriansyah mengatakan Pemerintah Aceh melalui Dekranasda akan mendukung produk-produk para pengrajin yang dihasilkan oleh masyarakat.

Dukungan pengembangan produk kerajinan yang dihasilkan masyarakat bukan hanya sebatas upaya keberlangsungan ekonomi dan usaha pengrajin semata, melainkan ada suatu tanggungjawab yang melekat dalam upaya pelestarian warisan leluhur dan kearifan lokal.

“Kita ketahui produk-produk kerajinan rakyat di daerah kita juga terkait dengan warisan leluhur dan kearifan lokal,” ujar Nova.

Nova mengingatkan, agar hasil-hasil kerajinan dari daerah Aceh dapat berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat luar, para pengrajin hendaknya dapat mengintegrasikan kebutuhan informasi tekhnologi informasi dewasa ini melalui pemanfaatan platform digital berbasis Revolusi Industri 4.0, karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas, lebih cepat dan beragam.

“Mengembangkan kerajinan rakyat, berarti kita juga telah berjasa mempertahankan identitas dan budaya daerah,” sambungnya.

Dia juga menaruh harapan agar para pengrajin di Aceh tetap semangat dan optimis dalam menjalankan industri-industri yang telah bergerak selama ini dari rumah-rumah penduduk.

“Sudah saatnya para pengrajin kita memanfaatkan platform digital dan marketplace, untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” tegas Nova. (Wyra)