PLN Lakukan Penghijauan Catchment Area Danau Lut Tawar Tahap VII  

334

Takengon, tanohgayo.com- PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Proyek Sumatera Bagian Utara (UIP Sumbagut) yang membawahi Unit Pelaksana Proyek Sumatera Bagian Utara (UPP Sumbagut), melaksanakan program Penghijauan Catchment Area seputar Danau Lut Tawar tahap VII, di Desa Gunung Suku, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Minggu (28/11/2021).

Kegiatan penanaman pohon merupakan salah satu dari 5 Program TJSL yang direalisasikan oleh PLN UIP Sumbagut-UPP Sumbagut 2 yang mengelola Proyek PLTA Peusangan 1&2 (88 MW) pada tahun anggaran 2021.

Program penghijauan ini bekerjasama dengan Universitas Gajah Putih (UGP) melalui UKM-nya yaitu Mahasiswa Gajah Putih Pecinta Alam (MAHAGAPA).

Dihadiri langsung Manager Proyek PLN UPP Sumbagut 2 Nanda Dani Andrianto, Rektor UGP Elliyin, S.Hut MP, Reje Kampung Gunung Suku Burhanuddin beserta masyarakat dan mahasiswa-mahasiswi yang berada di bawah naungan UKM MAHAGAPA.

“Kegiatan menanam pohon produktif berupa Pohon Alpukat dengan jumlah 1.200 batang melalui kelompok masyarakat yang salah satu tujuannya selain untuk menjaga sumber mata air di seputaran Danau Laut tawar yang merupakan salah satu sumber perekonomian di Kabupaten Aceh Tengah seperti Pusat Wisata, Sumber Pendapatan Bagi Nelayan, Sumber Air bagi sebagian Petani di Kabupaten Aceh Tengah, sumber air bersih dan lain-lain,” kata Rektor UGP Elliyin.

“Di samping itu juga sebagai salah satu peningkatan ekonomi petani di seputaran Catchment Area. Sebagai informasi yang di dapat, bahwa kondisi sumber mata air di seputaran Danau Lut Tawar saat ini sangat memprihatinkan terlihat dari bak-bak di pusat sumber mata air tersebut yang mulai mongering sehingga berpotensi mengurangi Debit Air Danau Lut Tawar,” sebutnya. (Oz/Ag)